Informasi Post-doctoral/SAME/WCP

Center for International Affairs

Informasi Post-doctoral/SAME/WCP

Post-doctoral Kemendikbudristek

Program Post Doctoral adalah suatu program mobility untuk dosen yang memiliki rencana kerja yang relevan dengan topik kajian keilmuannya serta berkonstribusi terhadap pengembangan pusat keunggulan institusi asal peserta. Peserta mengupayakan kontak dengan mitra perguruan tinggi atau lembaga riset, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), atau lembaga internasional lainnya di luar negeri dan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) atau LoI (Letter of Invitation) dari mitra yang dituju.

Kegiatan Post Doctoral dapat dilaksanakan pada salah satu tempat berikut:

1. Perguruan Tinggi/Lembaga Riset

  • Melakukan riset bersama untuk menghasilkan karya ilmiah dalam Jurnal Internasional Bereputasi dengan mitra perguruan tinggi atau lembaga riset luar negeri (joint publication)
  • Sit-in dalam kuliah dan/atau seminar/lokakarya/laboratorium untuk menyerap perkembangan terkini dalam keilmuan yang ditekuni
  • Membangun dan memperkuat jejaring riset dengan perguruan tinggi/ lembaga riset luar negeri

2. Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)

  • Penguatan kompetensi peserta melalui kegiatan magang di DUDI untuk penguatan keunggulan institusi asal peserta
  • Melakukan inovasi bersama mitra industri di luar negeri yang bermanfaat untuk pengembangan institusi asal calon peserta, seperti penyusunan modul pembelajaran atau bahan ajar
  • Membangun dan memperkuat jejaring dengan dunia usaha atau dunia industri luar negeri.

3. Lembaga Internasional Lainnya yang Relevan

  • Penguatan kompetensi peserta melalui magang di lembaga internasional yang mendukung penguatan keunggulan institusi asal peserta
  • Melakukan studi kasus atau kajian yang bermanfaat untuk pengembangan institusi asal peserta
  • Membangun dan memperkuat jejaring dengan Lembaga Internasional yang relevan.

Waktu Pelaksanaan

Durasi kegiatan Post Doctoral selama 3 (tiga) bulan, sesuai dengan kelayakan rancangan program dan tempat kegiatan.

Persyaratan Peserta

  • Dosen dari Perguruan Akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
  • Memiliki NIDN
  • Jabatan fungsional minimal asisten ahli
  • Memiliki masa kerja minimal 2 tahun
  • Bergelar doktor yang diperoleh pada tahun 2018 dan setelahnya, dengan melampirkan fotocopy ijazah doktor dan SK penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri
  • Melengkapi formulir pendaftaran sesuai (Lampiran 1)
  • Memperoleh rekomendasi dari Dekan atau yang setara (Lampiran 2)
  • Memperoleh surat tugas dari Rektor yang menjelaskan bahwa kegiatan Post Doctoral yang diikuti berkontribusi terhadap pengembangan institusi asal calon peserta (Lampiran 3)
  • Mempunyai undangan Letter of Acceptance (LoA) atau Letter of Invitation (LoI) dari perguruan tinggi/lembaga riset, dunia usaha atau dunia industri (DUDI), atau lembaga internasional lainnya. Jika belum mempunyai LoA atau LoI ketika mengirimkan dokumen maka diberikan kesempatan sampai dengan jadwal wawancara dilaksanakan dan undangan tersebut harus ditunjukkan ketika wawancara
  • Maksimal berumur 45 tahun saat keberangkatan
  • Mempunyai proposal kegiatan yang ditulis dalam Bahasa Inggris sesuai dengan Format Proposed Post Doctoral Program 2023 (Lampiran 4)
  • Membuat essay tentang apa yang sudah dilakukan, apa yang sedang dilakukan, dan apa yang akan dilakukan (road map) terkait dengan kegiatan Post Doctoral dan pengembangan pusat kajian/unggulan/inovasi institusi asal calon peserta, maksimum 500 kata
  • Mempunyai surat keterangan sehat dari rumah sakit bagi peserta yang lolos ke tahap wawancara
  • Sudah divaksinasi Covid-19 minimal 2 kali
  • Mampu berkomunikasi lisan maupun tulisan dalam Bahasa Inggris, dan akan lebih baik lagi jika menguasai bahasa yang sesuai dengan bahasa yang digunakan di negara tujuan.

Tata Cara Pengusulan

1. Registrasi: Pendaftar dapat melamar secara online dengan cara registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) pada laman: https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id/ 

2. Login: Setelah mendapatkan akun, pendaftar dapat log in dan memilih program kegiatan yang ditawarkan.

3. Pengiriman Proposal: Dokumen proposal dan persyaratan pada program yang dipilih oleh pendaftar dikirim dengan cara diunggah melalui laman: https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id/ 

4. Hasil Seleksi: Calon peserta dapat melihat secara online hasil Setiap tahapan seleksi melalui akun pendaftar pada riwayat penilaian, hasil seleksi penilaian akan diinformasikan melalui e-mail pandaftar dan melalui laman: http://dikti.kemdikbud.go.id dan https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id/ 

Mekanisme Seleksi

Proses seleksi proposal program Post Doctoral terdiri dari pemeriksaan kelengkapan berkas (seleksi administrasi) dan wawancara dalam Bahasa Inggris berdasarkan proposal yang sudah dikirim.

1. Seleksi Administrasi: Pemeriksaan kesesuaian data dan kelengkapan dokumen yang diunggah calon peserta

2. Seleksi Substansi Akademik: terkait jumlah, jenis dan rencana kegiatan yang realistis dan dapat diimplementasikan sangat menentukan dalam evaluasi lolos seleksi administrasi.

3. Seleksi Wawancara: Pengusul Program Post Doctoral yang dinyatakan lolos seleksi berkas administrasi akan diumumkan untuk seleksi wawancara serta menjelaskan rencana kerja (dalam bahasa Inggris) pada waktu dan tempat yang ditentukan kemudian oleh Ditjen Diktiristek. Pada setiap tahapan seleksi calon peserta dapat melihat melalui akun pendaftar pada riwayat penilaian, hasil seleksi penilaian akan di informasikan melalui e-mail pendaftar dan melalui laman https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id/ dan http://dikti.Kemendikbud.go.id

Komponen Pendanaan

Dalam Program Post-doctoral ini, pemerintah menggunakan anggaran LPDP untuk menunjang pelaksanaannya. Dijelaskan bahwa para peserta program nantinya akan menerima 4 (empat) jenis komponen biaya. Yaitu:

  1. Biaya hidup diberikan untuk peserta Post Doctoral selama 3 (tiga) bulan di luar negeri. Biaya hidup terdiri dari akomodasi, konsumsi dan transportasi lokal.
  2. Biaya asuransi diberikan untuk kepentingan biaya asuransi kesehatan sesuai dengan peraturan di negara tujuan bagi peserta Post Doctoral selama di luar negeri.
  3. Biaya visa application diganti sesuai dengan tarif resmi regular diberikan dengan secara at cost.
  4. Biaya transportasi melalui pesawat kelas ekonomi dari kota asal peserta ke negara tujuan diberikan hanya 1 (satu) kali pada saat keberangkatan dan kepulangan.

Pedoman Program Post Doctoral Download

Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara Program Post Doctoral 2023 link


Program SAME Nusantara 2024

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di Perguruan Tinggi, Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menawarkan Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) Nusantara. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi pengiriman dosen ke Perguruan Tinggi/Instansi Penelitian untuk mengembangkan penelitian dan publikasi di jurnal internasional di negara Perancis yang dapat melibatkan industri dan/atau organisasi internasional.

Pengusulan dapat dilakukan secara daring melalui laman https://sumberdayadikti.kemdikbud.go.id/ dengan batas waktu pengiriman paling lambat tanggal 15 September 2023.

Kegiatan SAME NUSANTARA

1. Kegiatan Wajib

  • Fine tuning artikel untuk joint publication di jurnal internasional bereputasi terindeks scopus dengan minimal Q3 terutama yang terkait dengan topik green economy, blue energy, digital economy, kemandirian kesehatan, dan pariwisata.
  • Kegiatan yang berkaitan langsung dengan IKU institusi atau perguruan tinggi.
  • Menjadi dosen tamu (guest lecturer), konsultan, peneliti tamu (visiting researcher) di industri dan/atau dunia kerja lainnya di Luar Negeri
  • Kerjasama institusi pengusul dengan mitra Perguruan Tinggi di Luar Negeri.

2. Kegiatan SAME NUSANTARA tambahan dapat berupa

  • Pemutakhiran bahan dan metoda ajar dengan bahan-bahan terkini.
  • Penyusunan proposal kegiatan (capacity building, joint research, study programs, dll) dengan mitra luar negeri yang akan diajukan ke pemerintah masing-masing atau ke penyandang dana internasional.
  • Penyelesaian penelitian mandiri untuk publikasi internasional.
  • Penulisan buku referensi dengan bahan mutakhir.
  • Mengikuti kegiatan sertifikasi kompetensi/profesi internasional.
  • Sit-in dalam kuliah dan/atau seminar/lokakarya/laboratorium untuk menyerap perkembangan terkini dalam keilmuan yang ditekuni oleh masing-masing dosen.

Syarat Peserta SAME NUSANTARA 

  • Dosen tetap pada Perguruan Tinggi Akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  • Memiliki NIDN atau NIDK
  • Harus terdaftar pada SINTA.
  • Minimal telah 2 (dua) tahun menyelesaikan pendidikan doktor.
  • Memperoleh ijin dari pimpinan perguruan tinggi.
  • Mempunyai undangan (invitation letter, letter of acceptance) dari perguruan tinggi atau dunia kerja dan industri mitra di luar negeri.
  • Mempunyai program kerja/proposal yang akan dilakukan sesuai dengan format pada Lampiran 1. Proposal yang diajukan harus sejalan dengan proposal penelitian yang disubmit secara online melalui laman https://bima.kemdikbud.go.id 
  • Mampu berkomunikasi lisan maupun tulisan dalam bahasa Inggris, dan akan lebih baik jika menguasai bahasa yang sesuai dengan bahasa yang digunakan di negara tujuan.
  • Khusus bagi lulusan doktor dalam negeri, mempunyai kemampuan Bahasa Inggris setara dengan skor TOEFL ITP 550 atau IELTS 5.5 atau menguasai Bahsa Perancis
  • Calon peserta tidak sedang menduduki jabatan struktural atau tugas tambahan sebagai pimpinan PT (hingga pejabat tingkat Departemen/Jurusan).
  • Mempunyai surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit.

Waktu Pelaksanaan

Durasi kegiatan adalah sekitar 3 bulan.

Persyaratan peserta dan jadwal kegiatan Program SAME Nusantara,dapat dilihat pada Pedoman Program SAME Nusantara yang dapat diunduh pada laman http://dikti.kemdikbud.go.id 


World Class Professor

World Class Professor/WCP adalah program yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mendorong peningkatan kualitas publikasi internasional. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi dosen perguruan tinggi di dalam negeri untuk berkolaborasi dan berinteraksi dengan profesor kelas dunia serta telah menghasilkan output berupa publikasi bersama di jurnal-jurnal ternama, dengan penulis proposer sebagai penulis pertama, sementara mitra dari WCP menjadi co-author.

Jenis Kegiatan WCP

1. Fine tuning (perbaikan kualitas) artikel joint publication untuk disubmit ke jurnal internasional bereputasi Q1 Scimago.

2. Membantu menyiapkan SDM program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional.

3. Membantu PT pengusul membuat proposal untuk memperoleh dana pengembangan proyek pendidikan yang akan diajukan ke pemerintah masing- masing atau ke penyandang dana internasional.

4. Menjadi dosen tamu (guest lecturer) atau konsultan di perguruan tinggi pengusul.

5. Menjadi peer review untuk jurnal internasional yang diterbitkan di Indonesia.

6. Melaksanakan joint supervision bagi mahasiswa S2 dan S3 dan menjadi external examiner.

7. Membantu analisis data bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan S2 atau S3.

8. Sebagai pembicara/penyaji pada pertemuan-pertemuan ilmiah.

9. Pemantapan dan peningkatan jejaring kerjasama program studi pengusul dalam pengembangan program double degree yang meliputi pengembangan dan penguatan kurikulum, dan mekanisme transfer kredit.

10. Membantu penyusunan draft paten/karya monumental internasional.

Syarat dan Kewajiban Dosen Pengusul

  • Pengusul adalah dosen tetap yang memiliki NIDN dan bergelar Doktor.
  • h-index scopus pengusul minimal 2 dan pernah menjadi first author minimal di jurnal terindex scopus dengan SJR Q4 dalam 5 tahun terakhir atau paten terdaftar atau karya monumental tingkat nasional.
  • Saat mengusulkan program WCP, draft joint publication/paten/karya monumental tingkat nasional sudah disiapkan dan disetujui oleh WCP yang akan diundang.
  • Tanggal submitted joint publication/paten/karya monumental tingkat nasional harus setelah penetapan penerima program WCP.
  • Status joint publication harus under review pada akhir November 2023 (saat kegiatan program WCP berakhir).
  • Pengusul boleh berkunjung ke Institusi WCP yang diundang selama 16 s.d. 30 hari tidak termasuk karantina di luar negeri dengan menyertakan surat undangan resmi dari institusi WCP.
  • Anggaran program WCP tidak diijinkan digunakan lagi setelah akhir November 2023.
  • Bagi dosen pengusul dan WCP yang sudah pernah menerima program WCP dari tahun-tahun sebelumnya harus sudah memenuhi semua kewajiban dan target luaran yang sudah ditentukan.
  • Institusi pengusul bertanggung jawab untuk membuat surat undangan kepada WCP yang akan berkunjung sesuai dengan commitment letter dari WCP.
  • Mengunggah surat penugasan dari pimpinan Perguruan Tinggi dosen pengusul sesuai format pada Lampiran 4

Syarat WCP

1. Memiliki jabatan akademik full professor atau yang setara. Dimungkinkan Profesor emeritus dan juga Profesor Diaspora Indonesia.

2. WCP yang diundang berasal dari PT dengan QSWUR minimal TOP 500 atau by subject TOP 300 baik untuk WCP luar negeri maupun dalam negeri.

3. WCP yang diundang memiliki h-index Scopus ? 10 untuk bidang sains dan teknologi atau minimal 1 paten dengan status granted yang sudah mempunyai mitra untuk komersialisasi, dan h-index Scopus ? 8 untuk bidang sosial humaniora atau memiliki karya seni monumental internasional.

4. Memiliki keahlian yang dibutuhkan di PT pengusul.

5. Mampu berkomunikasi lisan maupun tulisan dalam bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya yang dibutuhkan.

6. WCP harus terafiliasi dengan perguruan tinggi dengan bukti melampirkan Supporting Letter dari pimpinan institusi WCP yang diundang untuk mengikuti program ini.

7. Satu orang WCP hanya boleh diundang oleh satu orang pengusul.

8. WCP yang diundang memberikan Commitment Letter yang isinya:

  • Menyatakan kesanggupan untuk datang dengan periode yang jelas selama 7 s.d. 10 hari
  • Bersedia memberikan fasilitas di institusi WCP apabila dosen penerima program WCP berkunjung ke institusi WCP.
  • Menyetujui untuk dicantumkan namanya sebagai co-author dalam joint publication/paten/karya monumental internasional
  • Menyebutkan judul (tentatif) untuk joint publication/paten/karya monumental internasional.
  • Menargetkan nama jurnal dengan reputasi minimal Q1/paten/karya monumental.
  • Menuliskan nama-nama authors yang terlibat dalam joint publication/paten/karya monumental internasional sebagai kelengkapan proposal.
  • Menyatakan telah menyiapkan draft joint publication/paten/karya monumental internasional bersama author dan co-authors.
  • Menyanggupi untuk submit joint publication/paten/karya monumental internasional dan mengikuti perkembangan joint publication sampai under review, paten sampai terdaftar atau karya monumental internasional saat akhir kegiatan WCP di PT Pengusul.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan program WCP tahun 2023 direncanakan secara luring. Namun demikian, apabila kondisi tidak memungkinkan dapat dilaksanakan secara hybrid atau daring.

Pedoman Program World Class Professor Download

Pengumuman Hasil Seleksi Penilaian Dokumen Program World Class Professor (WCP) Tahun 2023 link


Last Updated: 2024-11-11 21:36:21


Share the Post: